TV POLYTRON : gangguan vertikal, gambar bawah hitam setebal 5 cm

Pertama kali di ketahui kerusakan Tv Polytron 21 inci, Minimax Zeppelin model MX5265 dalam kondisi mati di sertai bunyi denging berkepanjangan saat tv dinyalakan sebentar dan dipastikan ada part yang short/konslet, kemungkinan bunyi denging tersebut berasal dari bagian horisontal.

Setelah penutup tv di buka, pengecekan perdana langsung pada transistor H OUT yang memang sudah dalam keadaan terkapar lalu transistor tersebut di cabut . pemeriksaan di lanjutkan ke D515 dioda B+115v beserta C528 elko 220u/160v dan ternyata masih "ok" lantas tes tegangan pada titik B+  ada 115vdc terus tes di titik kolektor tr. h out ada 115vdc juga di titik basis pun ada sekitar 4vac. Blok
Regulator dan Horisontal drive di rasa aman untuk sementara waktu, maka pertukaran pemainpun di lakukan dengan T801 ST1803DHI dan tv pun sekarang sudah bisa nyala lagi, timbul tulisan   POLYTRON & display canel langsung pasang antena serta gambar pun tampak normal.

Saat di amati dari depan ternyata logo stasiun tv nyundul keatas hampir tidak kelihatan & tulisan runnig teks/tulisan kaki yang ada dibawah terangkat ketengah layar jadi artinya gambar naik keatas dan menyisakan raster bagian bawah gelap setebal 5cm secara horisontal (ganggauan V-CENT = data sheet program ) padahal saat di lihat dengan kaca cermin tampak normal ...he..he. maklumlah cermin yang di pakai ukurannya kecil untuk praktek nyervis .
Kembali perburuan lagi,cek satu-satu semua elko pada bagian vertikal hasilnya ternyata ok. lakukan resolder & bersihkan pakai thinner Glosse. lalu nyalakan tv...treetzc...treeetzc ..keluar api biru dengan kerasnya dari tudung Anoda FBT yang menjalar ke gnd crt ( mungkin penyebab tr. H out menjadi jebol ), he...he...satu penyakit belum beres timbul gangguan yang lain , daripada bikin jebol tr.H out lagi langsung saja tak potong kabel anoda yang bocor karena sudah cacat sekalian ganti kopnya . dan setelah beres semua, coba onkan tv..,eealah... samimawon gambar seperti semula, sambil garuk-garuk kaki yang gatal di gigit nyamuk..lhoo... siang bolong gini kok ada nyamuk? ternyata bukan cuma manusia saja yang cari makan siang atau malam !

Sambil meneliti part-part sekitar vertikal, membolak-balik mesin tv dan sambil menunggu muncul ide... tiba-tiba sepintas tanpa sengaja melihat permukaan elko bagian atas agak kusam, C402 1000u/25v seri ke lilitan yoke vertikal padahal tadi sudah di cek, hasilnya bagus bahkan kalau di
bandingkan dengan elko (dari toko) tendangan jarum avometer 'ok banget', tapi tidak ada salahnya untuk coba ganti elko 1000u/25v, kan cuma iseng-iseng berhadiah sebelum memvonis ic vertikal bersalah...setelah pasang elko baru kemudian nyalakan tv ...Casszt...waau tiba-tiba layar terbuka penuh . he..he..rupanya keisenganku berbuah keberuntungan .

Sambil running tes tv, coba cek tombol panel tv...hmm sudah ngaco semuanya, saat tekan tombol < ch+ > yang muncul malah suara tambah besar lalu tekan tombol < v- > siaran program jadi pindah ke canel lain, akhirnya buka panel ganti micro swicth ch+, ch-, v+, v- .

Nyalakan tv sekali lagi cek canel dan volume, sekarang sudah normal kembali lalu observasi heatsink ic vertikal & tr. horisontal panasnya cukup terkendali, akhirnya perjuangan mengatasi penyakit tv ini sudah selesai dan perasaan lega campur senangpun berbaur jadi satu karena sebentar lagi gajian en...waktunya di tutup !!




Artikel Menarik Lainnya:



Follow by Email

Label

Mengenai Saya

Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Saya orang biasa yang ingin mengenal blogger dan mengelola Purnama Elektronik Blogspot ini untuk menambah wawasan serta berbagi pengalaman dalam dunia reparasi TV, agar punya motivasi kuat untuk berkarya & menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berawal dari Hp N-70 lalu dikenalkan oleh teman tentang internetan via seluler dan bisa eksis sampai sekarang. Setiap artikel yang di posting selain untuk berbagi, di dedikasikan arsip kerja dari pengalaman dan dari narasumber lain sebagai pelengkap. Tidaklah menampik bila saatnya nanti memiliki sebuah perangkat Laptop tentunya jadi sangat baik karena proses pembelajaran akan mudah dan lancar.. Materi artikel apapun yang di posting di blog Purnama Elektronik ini, semata-mata hasil dari jerih payah pribadi yang tentunya banyak di support oleh teman, sahabat, kenalan dan para MASTER BLOGGER serta keluarga tercinta.