SHARP X-PRESSION Gambar Rolling dan Lemah

SHARP X-PRESSION Gambar Rolling dan Lemah
Kring kring kring.. Nada Hp pribados berdering menandakan ada panggilan, ternyata ada klien baru punya keluhan tv nya cuma satu canel aja yang baik. Tiba di TKP ternyata tv nya merk SHARP X-PRESSION 21 inci type 51X200 menggunakan ic Micom IXA319WJ & ic Kroma M61262 .. Setelah mendengarkan keluh kesah ibu si Empunya tv dengan santai pribados coba program Auto.. Waduh sekarang malah tak satupun canel yang nyangkut kalau pun ada siaranya gambar nya jadi hitam putih dan melintir kemana mana gak mau diam. Hmm.. Apa gerangan yang terjadi dengan tv ini gerentes hati.
Coba ganti tuner dulu karena pengalaman yang sudah sudah bisa langsung Cling.. Tapi hasilnya sami mawon mas,.. periksa konek antena.. Alamak ternyata kawat serabutnya gak ada dan kancingan baut tidak terlalu kencang, langsung ta benerin yang akhirnya gambar tv bisa cling lagi.
Mendadak besok paginya dapat

sms, yang isi bunyi nya seperti ini :

#Bgmana ni bang..tv ni masih

gambarx ke atas k bwa.

.

#Tv ni msh rusak..gambarx msh

goyang ni.apa bs d liat lg.

.

#Apa gk bs soreh ini dtg.soalx

tv yg d baikin smlm blm baik

betul.gk bs nonto lg

.

#Tolong ni dtg soreh ini tv ni

blm baik betul.

.

#Prcuma dong ksi baikx td malm

krn pgx tv kmbali rusak

lg.tolong dtg liat lg skrg.

.

Asem..! Pagi pagi sudah dapat

teror sms jadi pusing pala berby

ny.

Sumpah dech kerusakan tv SHARP sering di bikin bingung.. Setelah datang ke TKP saat di ON memang betul gambar terlihat tipis dan hitam putih bergerak ke atas ke bawah alias gambar jadi Rolling. coba coba scan auto sekali lagi mungkin cuma kurang pas atau kurang tepat siaran nya. Tapi lagi lagi cuma 2 canel yang terjaring itupun tambah kenceng lagi rollingnya . Akhirnya buka kembaii kabinet tv dan mulai kerja dari awal lagi. Namun sebelum mengutak atik mesin tv baik nya pribados bersihkan debu yang masih menempel dan mencuci pakai Thiner Special A , sambil menunggu kering tentunya browsing dulu supaya cepat beres job komplenan tv ini hehe.. Karena mesin tv SHARP ini menggunakan dua layer jadi mumet kalau mau menelusuri semua jalur..Apalagi yang punya tv sudah gak sabar ke pingin cepat cepat bisa nonton lagi acara favoritnya..
Dapat info dari hasil browsing ada 3 elko :

1. C754 33uf/160v

2. C825 1uf 50v

3. Dan C434 10uf 16v..

.

Berhubung tv bekas servisan bengkel lain dan sudah mangkrak sekitar hampir 1 tahun jadi masih bisa terlihat bekas solderan hampir di semua titik, ceuk ceuk ceuk.. paten tenan.!

Cabut elko C825 1uf/50v kondisinya sudah melonon dan di ukur pun 0 ( nol ) kapasitas,

elkn C434 10uf/16v masih OK sedangkan elko C754 33uf/160v sudah pernah di ganti oleh pendahulu pribados, jadi setelah perggantian satu pemain gambar pun sudah cling dan normal kembali setelah di scan auto maka canel canel pun langsung bermunculan .

Melonon
Posisi elko C825 di tunjukan pakai probe Merah dekat ic smd M61262 di bawah mesin..
Esemde
Posisi elko C825 di bagian atas mesin dekat Resistor besar warna Biru.
Restar gede
Pribados ucapkan Terimakasih kepada Om za'el service elektronik yang telah membantu memecah masalah sampai tuntas..

Artikel Menarik Lainnya:



9 komentar:

Unknown 18 Juni 2018 pukul 08.39  

C 434 non polar bisa di ganti dengan yang biasa

Unknown 23 Juni 2018 pukul 03.13  

Makasih infonya semoga yg post rizkinya makin banyak amin
Salam soldeer
Post sangat membatu.

Unknown 2 September 2018 pukul 01.34  

Alhamdulillah sangat bermanfaat sekali mas postingan nya kerusakan tv yg sya kerjaan saat ini gejalanya sama gambar rolling dan sinyal tv lemah setelah saya ganti c825 50v/1uF gambar kembali normal
terima kasih sukses selalu dan dilimpahkan rezekinya mas

Unknown 3 September 2018 pukul 23.11  

Tv Sharp 14in sudah di ganti sesuai arahan di atas, masih saja gambar tolong ke atas...mohon solusinya gan...udah lier nih...

Dwi 18 Juli 2019 pukul 09.11  

C 825 diganti ada perubahan gb tdnya gbr kecil jd lebar . Tapi masih scrol ke. Atas

Dwi 18 Juli 2019 pukul 10.55  

Diganti c434 sdh gak scrol.makasih infonya . Sukses untuk semua Aamiin.

Wiwinprasetyo89@gmail.com 27 Juni 2020 pukul 20.24  

Elco c434 dan c825 dah diganti, gambar dah gak rolling keatas, tapi gambar yg bawah masih agak menyempit

Wiwinprasetyo89@gmail.com 27 Juni 2020 pukul 20.25  

Terima kasih atas informasinya, makasih semoga berkah

Posting Komentar

Label

Mengenai Saya

Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Saya orang biasa yang ingin mengenal blogger dan mengelola Purnama Elektronik Blogspot ini untuk menambah wawasan serta berbagi pengalaman dalam dunia reparasi TV, agar punya motivasi kuat untuk berkarya & menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berawal dari Hp N-70 lalu dikenalkan oleh teman tentang internetan via seluler dan bisa eksis sampai sekarang. Setiap artikel yang di posting selain untuk berbagi, di dedikasikan arsip kerja dari pengalaman dan dari narasumber lain sebagai pelengkap. Tidaklah menampik bila saatnya nanti memiliki sebuah perangkat Laptop tentunya jadi sangat baik karena proses pembelajaran akan mudah dan lancar.. Materi artikel apapun yang di posting di blog Purnama Elektronik ini, semata-mata hasil dari jerih payah pribadi yang tentunya banyak di support oleh teman, sahabat, kenalan dan para MASTER BLOGGER serta keluarga tercinta.