Gejala kerusakan gambar normal tapi suara hilang pada Tv Polytron

TV POLYTRON: Gambar normal tapi suara hilang

Rabu, 23 Januari 2013

Dengan gangguan suara hilang tapi gambar normal pada Tv Polytron MinimaX type MX51323, sebelum dibuka casingnya coba tes dulu pakai VCD player ternyata selain gambarnya normal suarapun keluar dan bisa dibesar-kecilkan volumenya jadi kesimpulan awal adalah gangguan pada ic croma stv22..yang bermasalah di siaran canelnya bila pakai antena gambar tetap ada tapi suaranya hilangnya.

Untuk memudahkan pekerjaan harus dibongkar total, speaker kiri-kanan, panel tombol depan dibuka semua dengan tujuan supaya cepat dalam pencarian kerusakan.

Tampak kelihatan betul bekas jejak servisan dan masih segar timah yang kena solder karena baru seminggu selesai di reparasi tapi tidak berhasil menurut pemilik tv dan yang mengherankan yaitu type ic croma berubah menjadi STV2246H padahal biasanya STV2247H atau STV2286H ada kemungkinan diganti ic cromanya tapi biarlah itu tak menjadi soal yang penting bisa di ketemukan penyakit suara yang hilang

Pertama-tama mencoba telusuri jalur audio sambil di sentuh pakai telunjuk atau ujung probe tester dan pangkal probe di pegang agar efek suara dengung terdengar agak keras, ternyata semua baik-baik adanya mungkin yang dilacak jalur audio bagian AV he..he..jadi senyum sendiri.
Karena dapat job panggilan disore hari menjelang malam maka pribados keluarkan si KONTOSURYO alias loop atau kaca pembesar, setelah di teliti pin55 audio out jadi n.c (no connection / tidak terhubung)
waaduh jadi ribet nih urusan kalo harus ubek jalur audio, kayaknya bisa sampai pagi baru kelar.
Mau gugel dulu lewat hp si JADUL supaya dapat data pin ic croma, eeh..sinyalnya tenggelam timbul persis kepala orang sedang kelelep di kolam renang.
Lihat keatas atap rumah hmm... pantesan pakai seng atap rumahnya, yaa sudahlah pakai cara bendeng saja.

Akhirnya ambil elko 10u diselipkan pada pangkal probe tester sambil dipegang mau coba tes, siapa tahu masih berfungsi bagian out suara ic croma yang di n.c kan tersebut lalu kaki elko ditempelkan ke pin55 audio out kemudian ujung lancip probe tusuk ke in Ic Power Sound TDA2003A, sedikit kaget karena langsung speaker tv menjerit keras.

Ada titik terang, suara bisa keluar. Jujur saja sebetulnya masih bingung dengan jalur audio out karena pin55 tidak terpasang lantas pin berapa yang dipakai ? Sementara ada sebagian pin yang polos tanpa ada keterangan fungsi pada pin ic dan mbah gugel sinyalnya kurang bersahabat.

Sambil nyeruput kopi dan perlahan sedot rokok iseng ajalah selidiki jalur output audio pin55 ke ic tone kontrol AN5891K.
Ternyata di pin55 Ic STV 2246H ada titik kopel C330 yang tidak terpakai tapi ada kabel jumper warna merah terhubung ke C314.
Selama ini tidak terpikirkan bahwa Ic STV2247H audio out ada di pin11 sedangkan STV2286H outnya dipin55 jadi sebetulnya kedua ic tersebut punya 2 out audio cuma pada kenyataanya pin11 untuk STV2247H dan pin55 untuk STV2286H, anggaplah pin out yang di n.c kan itu sebagai serepnya.
Akhirnya tidak jadi ganti ic croma karena sudah bisa di atasi dengan mencabut kabel jumper dan ganti tancap elko 10u di C330.
Syukurlah bisa berhasil dengan selamat dan buat pelajaran kedepannya.


Artikel Menarik Lainnya:



Follow by Email

Label

Mengenai Saya

Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Saya orang biasa yang ingin mengenal blogger dan mengelola Purnama Elektronik Blogspot ini untuk menambah wawasan serta berbagi pengalaman dalam dunia reparasi TV, agar punya motivasi kuat untuk berkarya & menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berawal dari Hp N-70 lalu dikenalkan oleh teman tentang internetan via seluler dan bisa eksis sampai sekarang. Setiap artikel yang di posting selain untuk berbagi, di dedikasikan arsip kerja dari pengalaman dan dari narasumber lain sebagai pelengkap. Tidaklah menampik bila saatnya nanti memiliki sebuah perangkat Laptop tentunya jadi sangat baik karena proses pembelajaran akan mudah dan lancar.. Materi artikel apapun yang di posting di blog Purnama Elektronik ini, semata-mata hasil dari jerih payah pribadi yang tentunya banyak di support oleh teman, sahabat, kenalan dan para MASTER BLOGGER serta keluarga tercinta.